POLHUKAM - Unit Pelayanan Publik

Peran Sentral Humas dalam Penyebaran Informasi yang Benar, Cepat dan Tepat Terkait Pemilu 2014

By 03 Dec 2013 10:28PPID, UPP
featured-public-service-1600×900

PPID4a

Solo, polkam.go.id, 20/11/2013. Pengalaman menunjukkan bahwa menjelang, saat dan pasca penyelenggaraan setiap pemilu, tedapat kecenderungan peningkatan suhu politik yang secara langsung atau tidak langsung, memiliki dampak terhadap aspek hukum dan keamanan. Karena itulah pesta rakyat sebagai salah satu wujud dari sistem perpolitikan nasional yang kita anut, harus dapat kita kelola dan dilaksanakan dengan tertib, lancar dan aman guna terhindar dari riak-riak politik yang bias berdampak terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Menko Polhukam Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur), Agus R. Barnas saat membacakan keynote speech Menko Polhukam, Djoko Suyanto pada acara Pertemuan Bakohumas Nasional di The Sunan Hotel, Solo, Rabu (20/11).

Dalam keynote speech yang mengambil tema “Peran Humas dalam Memposisikan Citra Pemerintah di Era Keterbukaan Informasi”, Agus R. Barnas menjelaskan bahwa Humas Pemerintah yang tersebar mulai tingkat pusat hingga daerah, sudah barang tentu merupakan salah satu potensi besar yang dapat berfungsi secara optimal dalam pengelolaan situasi dimaksud. Peran sentral yang dapat dimainkan antara lain dengan penyebaran informasi yang benar, cepat dan tepat mengenai berbagai hal tentang penyelenggaraan Pemilu 2014, melalui sinergitas yang dibangun bersama jajaran media massa.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI  Freddy H Tulung berkesempatan membuka acara Pertemuan Tahunan Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah  tersebut. Pertemuan Bakohumas nasional dihadiri pejabat humas provinsi/kabupaten/kota, pejabat Diskominfo Provinsi, Pejabat Humas Perguruan Tinggi Negeri, anggota dan perguruan Bakohumas Pusat dan Humas BUMN dan Humas BUMD.

Terhitung sekitar 700 anggota bakohumas hadir, sekaligus menghadiri Malam Anugerah Media Humas 2013 yang akan digelar Rabu (20/11) malam.

Pada acara tersebut turut hadir Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Di dalam sambutannya Walikota Solo memberikan apresiasi diselenggarakannya acara ini, lebih-lebih pertemuan ini mendekati “tahun politik” sehingga perlu netralitas dan profesionalitas dari pejabat humas pemerintah. “Tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, pejabat humas harus mampu menjaga stabilitas politik dan kondusifitas wilayahnya masing-masing”, kata FX Hadi Rudyatmo.

Sumber : https://polkam.go.id/Berita/tabid/66/mid/394/newsid394/436/language/en-US/Default.aspx